Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Membeli Properti?

              Sebetulnya sebuah hal yang rumit jika anda ingin membeli sebuah properti di saat waktu yang tepat. Secara teori memang sangat mudah untuk mengatakan bahwa seharusnya anda membeli rumah di saat harga sedang turun atau sudah mencapai titik terendah. Tetapi kapan kira-kira harga titik terendah itu datang, apakah kita bisa menebaknya. Tentu saja ini adalah sebuah pekerjaan yang sangat kompleks.
Investasi properti memang sangat baik untuk jangka waktu panjang apalagi di saat perekonomia sedang stabil sehingga dapat dipastikan harga sebuah properti pasti menjadi tinggi. Namun begitu sebaliknya harga sebuah properti juga bisa jatuh disaat perekonomian sedang lesu dan merosot.
Tren kenaikan properti sebetulnya sangat dipengaruhi oleh kenaikan angka pertumbuhan penduduk di sebuah wilayah atau negara. Begitu juga faktor pertumbuhan ekonomi sebuah negara juga ikut mempengaruhi kenaikan harga properti.


Tips Investasi Properti
Apabila pertumbuhan ekonomi semakin baik dan tingkat pengangguran berkurang, maka akan banyak anggota masyarakat yang akan membeli properti sehingga pasar properti bisa dipastikan akan tumbuh dengan pesat, begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu dengan pertimbangan kedua hal tersebut hal yang memang penting untuk dilakukan pada langkah selanjutnya adalah mengamati tren pasar sehingga kita sedikit bisa tahu kapan kira-kira harga properti akan turun atau naik.

Berikut ada beberapa pertimbangan tentang kapan waktu yang tepat untuk membeli sebuah properti :

1.Membeli melalui pengembang (developer) pada saat promosi
Pada umumnya pengembang (developer) dalam awal-awal pembangunan sebuah properti akan memberikan sebuah diskon khusus atau promo agar properti yang hendak di bangun akan mendapat kucuran modal dari konsumen dan investor.

2.Pada saat pemilik lama sedang butuh uang (faktor keterdesakan)

Dalam kondisi ini beberapa pemilik properti akan menjual dengan harga sangat murah / dibawah pasar. Tentu saja ini menguntungkan anda sebagai calon pembeli. Memang dibutuhkan usaha ekstra agar anda bisa menemukan properti yang seperti ini. Oleh karena itu dengan mengutip strategi Dolf De Roos yaitu menggunakan metode 100 - 10 - 3 - 1 memungkinkan anda bisa mendapatkan properti dibawah harga pasar. (Untuk artikel tentang metode 100 - 10 - 3 - 1 silahkan baca Nasehat Properti Ala Dolf De Roos)

3.Perekonomian yang memang sedang lesu atau mengalami kemerosotan

Setiap negara pasti akan mengalami kelesuan ekonomi. Hal ini dibuktikan dengan semakin tingginya tingkat inflasi, banyaknya angka pengangguran, dll. Dalam kondisi perekonomian seperti ini pasti ada saja orang yang menjual propertinya dibawah harga pasar untuk menutupi akibat hantaman krisis tersebut.

4.Membeli melalui pelelangan properti

Membeli properti di balai lelang biasanya lebih murah dibanding beli di tempat biasa. Anda tinggal mencari setiap balai lelang di kota anda atau bisa juga dengan mencarinya di internet atau koran lokal tentang rumah yang akan di lelang.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Info artikel menarik lain silahkan baca 7 (Tujuh) Kesalahan dalam Pengajuan KPR.


Jika anda butuh info workshop belajar menjadi investor properti sampai mahir yang kebetulan di pandu oleh mentor bapak Joe Hartanto, anda bisa mendaftar atau melihat jadwal workshop terdekat di www.propertycashmachine.com.

Untuk yang ingin belajar investasi property secara online silahkan mendaftar di www.propertycashmachine.com/e-learning.


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jika anda berminat dengan waralaba masakan Jepang Okonomiyaki & Takoyaki silahkan pelajari info lengkapnya DISINI.


1 komentar:

  • Anonim says:
    2 Juni 2013 pukul 15.55

    bagus sekali info properti nya, lengkap dan mudah dipahami. terima kasih

Posting Komentar